PBB Serukan Israel-Palestina Lakukan Gencatan Senjata, DK PBB: Krisis Bisa Terjadi

Oktavino Putra Hanidar - Senin, 17 Mei 2021, 12:00 WIB

PalestinaPalestina/hosny_salah/Pixabay

FIXSURABAYA.COM - Ratusan orang menjadi korban akibat konflik Israel-Palestina di kawasan Gaza, Palestina. Terkini, tensi kedua negera kembali memanas dengan saling balas membalas serangan roket. Konflik tiada ujung ini memicu banyak faktor terdampak, salah satunya ekonomi.

Seperti dilansir FIXSURABAYA.COM dari berbagai sumber pada Senin, 17 Mei 2021. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan seharusnya pertarungan segera dihentikan demi menghindari krisis.

“Pertarungan harus dihentikan. Pertempuran harus segera dihentikan. Situasi yang sedang berlangsung memiliki potensi untuk melepaskan krisis keamanan dan kemanusiaan yang tak tertahankan dan untuk selanjutnya mendorong ekstremisme." Ujarnya saat membuka sesi darurat Dewan Keamanan PBB tentang eskalasi di Israel dan Gaza.

Baca juga: Hasil Pertandingan Liga Inggris West Brom Vs Liverpool Minggu 16 Mei 2021, Liverpool Cetak Kemenangan dan Allison Catatkan Sejarah

Guterres mengutuk kekerasan yang terjadi pada Minggu dan menewaskan 40 warga Palestina, korban tewas terburuk sejak kerusuhan pecah.

"Siklus pertumpahan darah, teror dan kehancuran yang tidak masuk akal ini harus segera dihentikan," kata Guterres.

Dewan Keamanan PBB pun melakukan pertemuan dan menyatakan sikap untuk melibatkan semua pihak untuk melakukan gencatan senjata. Gutterespun dengan tegas mendesak kedua belah pihak untuk melakukan upaya mediasi.

"Perserikatan Bangsa-Bangsa secara aktif melibatkan semua pihak menuju gencatan senjata segera," Imbuhnya.

Editor: Oktavino Putra Hanidar

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot