Keutamaan dan Niat Puasa Syawal 1442 H Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahanya

Oktavino Putra Hanidar - Sabtu, 15 Mei 2021, 8:00 WIB

Puasa SyawalPuasa Syawal/Mohamed_hassan/Pixabay

FIXSURABAYA.COM - Memasuki bulan Syawal, tentunya ada sunnah tuntunan Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan untuk dijalankan oleh umat Muslim yaitu Puasa Syawal. Puasa Syawal merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Syawal atau setelah bulan Ramadhan. Meskipun sunnah, pahala puasa Syawal sangat luar biasa. Puasa tersebut menyerupai dengan puasa satu tahun penuh.

Seperti dilansir FIXSURABAYA.COM dari berbagai sumber, Ini keutamaan manfaat puasa syawal yang merupakan sunnah muakad yakni sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun," (HR. Muslim).

Baca juga: Doa Akhir Ramadhan 2021 Lengkap Dengan Arti yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Puasa Syawal dianjurkan dilaksanakan selama 6 hari, boleh terpisah ataupun berurutan. Puasa ini bisa dimulai dari awal bulan Syawal tepatnya tanggal 2 Syawal. Niat puasa Syawal berbeda dengan niat puasa Ramadhan. Niat puasa Syawal bisa dibaca saat pagi hari dengan catatan belum pernah makan dan minum setelah terbit fajar atau sebelum adzan Subuh. 

Baca juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri 1442 H Mandiri Dirumah Lengkap Dengan Artinya

Berikut niat puasa Syawal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW,

Editor: Oktavino Putra Hanidar

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot